Laman

Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 April 2011

Perubahan dan Ijasah

Lomba Menulis Essay HIKARI'S POT ONLINE SHOP

penulis: Levina Nyt Siwalette

Aku dilahirkan dari keluarga besar yaitu 7 bersaudara, dengan kondisi perekonomian yang biasa-biasa saja. Suatu kebanggaan besar untuk orangtua kami dengan menyelesaikan tanggungjawabnya menyekolahkan kami sampai jenjang SMU.

Maafin mama.. papa… karena kita ngak punya biaya untuk menyekolahkan kalian sampai jenjang universitas atau kuliah. Setidaknya kami pun harus mengerti kondisi orangtua yang meski memperhatikan ketujuh dari kami.

Aku tidak menyerah sampai bangku SMU, melihat kegigihan kakak yang lain mampu berjuang untuk kemandirian dengan caranya masing-masing maka membuatku terdorong untuk keluar dengan berbekal doa serta menggantungkan cita-cita setinggi langit. Ingat kala itu, bersama tetangga dekat rumah yang sebaya denganku, kami bertiga berbekal ongkos seadanya memberanikan diri keliling Mall dan Dinas tenaga kerja di Bekasi.

“Semoga ada Restoran atau toko baju yang sedang cari pekerja”, ujarku kepada mereka.
“Ya, setidaknya jadi pelayan juga ngak apa-apa”, kata temanku yang satu.

Benar adanya ada Fastfood “Wendy’s” yang memasang papan pengumuman dipintu masuk. Kami catat segala keperluan dan persyaratannya. Bersyukur 2 diantara kami diterima termasuk aku.  Aku bekerja dengan giat meski gaji tidak sesuai dengan pengeluaran (dibawah UMR-Bekasi) persisnya hanya buat ongkos dan uang saku sedikit, tetapi buatku adalah pengalaman dan pertemanan. Kami saling mendukung satu dengan lainnya, karena anggkatan yang masuk saat itu berbarengan sekitar 15 (lima belas) orang baru untuk ditempatkan dicabang Jatinegara.

Aku meminta doa dan restu untuk di ijinkan kost bersama teman 3 temanku yang lain, awalnya mama keberatan tetapi pada akhirnya mengerti. Kujalani pekerjaan ini kadang dengan perasaan bosan dan capek, banyak pelajaran yang kudapat, dari teman yang jujur dalam bekerja, pergaulan sampai kekecewaan. Masih teringat kegigihan kakak yang bekerja dimalam hari dan kuliah di pagi hari, mendorongku untuk semangat belajar. Kusampaikan maksu ini ke mama, tanpa keberatan mama menyisihkan dari Arisan yang diperoleh untuk biaya masuk Saint Mary selama 1 tahun.

Atasan mengijinkan aku untuk mengambil shift malam dan kuliah di pagi hari, awalnya dipikir dan dijalani dengan santai, lama kelamaan badan ini remuk dan pikiran kalut, keletihan dan capeknya badan, membuat langit terasa begitu dekat dikepalaku, kala sedih kami sempatkan berbagi duka digudang barang bersama teman.

“Apakah aku masih diberi kesempatan merubah nasib”, seperti yang lain. Ujarku dalam hati.


Dilain waktu aku hanya bisa termenung dan melupakan kesedihan kumpul bareng teman kost hingga larut malam bersama bintang mengantarkan kelelahan dikelopak mata kami.

Berbanding terbalik dengan persahabatan kami di tempat kerja sebagai pelayan, dikampus aku menemukan banyak type dengan ambisi dan penampilan yang berbeda.  Melihat perbedaan dan warna kehidupan yang begitu jelas dan semakin jelas didepanku, semakin aku gigih untuk merubah nasib agar lebih baik.

Tibalah saat yang kutunggu, selesai sudah kuliah 1 tahun di Saint Mary, meski dengan hasil kelulusan dengan nilai cukup, tetapi ini menjadi kebanggan terbesar bagiku dapat lulus dari D1 Sekretaris. Inilah waktunya aku menjadi bagian dari Jakarta, tempat dimana banyak cerita dan ambisi serta banyak orang yang menggantungkan mimpi di langit Jakarta, aku menjadi diantaranya.

Aku berhenti dari bekerja di Wendy’s, kembali kusyukuri ada kesempatan berikutnya bagiku untuk bekerja sebagai Receptionist. Berat rasa perjuangan ini, begitu berat dari sebelumnya, apakah ini kejamnya ibukota dengan orang kota yang meremehkan jenjang pendidikan, starta ekonomi serta pergaulan, aku menjadi terpojokan, menjadi bagian orang-orang yang buat mereka bawahan, memang meski tidak semua kutemukan berhati yang sama. tetapi inilah tantanganku, perjalanan belum selesai kapal belum bertepi, badai ini meski kuterjang.

Kegigihanku mengantarku kuliah sampai jenjang sarjana, berharap dengan ijasah orang lain atau perusahaan akan mengangat karir dan meningkatkan gajiku. Masih tetap kugantungkan cita-cita ini dengan kekuatan doa dan ada airmata.

Disetiap perjalanan pastinya siapapun memiliki cerita, suka dan duka, dan aku memilikinya bersama warna dan doa. Kasih datang bersama doa, dan hadir bersama jodohku. Pernikahan berlangsung dikala aku masih duduk dibangku kuliah dan pekerjaan. Beberapa bulan hadirlah kehamilan pertama yang membuat banyak perubahan dalam emosi dan kehidupan kami. tetapi harapanku masih kugantung disetiap ruang waktu, dan suami mendukung.

Kehadiran malaikat kecil menambah lengkap rumah tangga kami, kuputuskan untuk berhenti bekerja, dan fokus usaha rumahan menjual tas, baju, dan alat-alat sekolah. Tidak berjalan lama, karena kuliah meski kuselesaikan sambil mengurus rumah tangga. Alhamdulillah gelar sarjana kudapati dengan ijasah digengamanku, kini aku puas dapat buktikan pada mereka yang pernah meremehkanku, meski tidak langsung dihadapannya tapi doaku terkabul.

Hingga pada saat ini, kami dihadirkan 2 putra dan 1 putri yang menemani hari kami dalam rumah sendiri hasil bersama, dan yang menjadikan aku semakin bersyukur menjadi bagian dari kaum pekerja dan menyalurkan hobi bersama kumpulan orang hebat yang berbagi pengetahuan bersama di era digital dan rumahan.


Biodata:

Nama: Levina Novi Yanti, kelahiran Jakarta, 26 Oktober 1977. Domisili di Jatibening, Jl. Cemerlang Rt. 06/02 No. 104-Bekasi. Pendidikan terakhir lulusan Universitas STIAMI Sarjana Sosial (Ssos). Bersyukur selain ibu rumah tangga yang dikaruniai 2 putri dan 1 putra, bekerja di Law Firm WINTAMA & Co. sebagai  Operasional. MDO organisasi YISC Al Azhar (periode 2002-2005 Organisasi YISC Al Azhar. Pernah juara lomba membaca puisi tingkat organisasi YISC Al Azhar-Jakarta.  Email: leviyanti@yahoo.com/ http://levilani7.blogspot.com/

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


Bismillahirrahmaanirrahiim..

Dalam rangka peluncuran Hikari's Pot Online Shop, diselenggarakanlah Lomba Menulis Essay bagi para perempuan Indonesia. Bertepatan pula dengan bulan April, yang biasa diasosiasikan dengan perempuan, bukan cuma ibu, tapi juga anak dan semua perempuan pada umumnya.

Tuntutan zaman sepertinya telah menyeret sebagian perempuan untuk turut mencari nafkah, mengisi pundi-pundi uang keluarga. Namun banyak diantara mereka yang enggan meninggalkan rumah, sehingga bisnis rumah tangga menjadi salah satu solusi. Lantas, apa, bagaimana dan apa saja tantangan yang dihadapi para perempuan ini dalam menjalankan bisnis rumah tangganya?

Menjadi perempuan di era terbuka seperti saat ini memberi banyak kesempatan bagi tumbuh kembangnya potensi dan kreativitas seorang perempuan. Maka tidak heran ketika banyak perempuan yang menggantungkan citanya setinggi langit. Namun ketika keinginan berseberangan dengan realita, apa yang dilakukan oleh para perempuan ini untuk tetap menggapai citanya?

Tuliskan pengalaman Anda, para perempuan Indonesia, berkaitan dengan kedua tema diatas.

Tema:
1. Perempuan dan Bisnis Rumah Tangga
2. Perempuan dan Pencapaian Cita-Cita

Persyaratan:
1. Naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran atau mengambil ide dari karya orang lain.
2. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 karya.
3. Naskah berbentuk essay yang berisi pengalaman pribadi berkaitan dengan tema, diketik dengan format kertas A4, spasi 1, Times New Roman 12. Panjang naskah adalah 1-3 halaman (400-1200 kata).
4. Naskah dan biodata peserta dikirim melalui attachment ke alamat email hikarispot@gmail.com
5. Peserta juga wajib memposting essay dan banner lomba ini dalam catatan facebook, meng-add akun Hikari's Pot http://www.facebook.com/profile.php?id=100002288553812 , kemudian men-tag minimal 10 orang teman (termasuk akun Hikari's Pot)
6. Lomba dibuka mulai Senin, 18 April 2011 dan berakhir Rabu, 27 April 2011 pukul 24.00 WIB.

Kriteria Penilaian :
1. Untuk 3 essay terbaik dan 3 essay harapan, akan dinilai berdasarkan kesesuaian essay dengan tema dan nilai / pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman pribadi peserta.
2. Untuk 1 essay terfavorit, akan dinilai berdasarkan kesesuaian essay dengan tema dan jumlah vote like dari teman dalam catatan facebook.
3. Juri yang akan menilai naskah adalah Leyla Imtichanah, seorang penulis yang telah menerbitkan beberapa buku, yang terbaru diantaranya adalah Pilihlah Aku Jadi Istrimu dan Hati Bidadari.

Hadiah Lomba
1. Essay Terbaik Pertama memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 250.000,-
2. Essay Terbaik Kedua memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 225.000,-
3. Essay Terbaik Ketiga memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 200.000,-
4. Essay Terfavorit memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 175.000,-
5. 3 Essay Harapan memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar @ Rp 50.000,-

Pemenang akan diumumkan pada hari Kamis, 5 Mei 2011 di akun Facebook Hikari's Pot Online Shop.

Bersama Hikari's Pot, belanja jadi enggak repot.. ^_^

http://www.facebook.com/notes/info-lomba-dan-peluang-menulis/lomba-menulis-essay-hikaris-pot-online-shop/205660129456885

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghilangkan jejak kebaikan untuk komentar apapun sangat saya hargai.. salam