Laman

Total Tayangan Halaman

Senin, 04 April 2011

Prestasi Perempuan di Era Digital



Perempuan adalah sumber keindahan, perempuan dijadikan sumber inspirasi dan menjadi sumber kekayaan, termasuk diantaranya di Era digital. Tidak lagi hanya dengan menuangkan pikiran dengan tulisan diatas kertas seperti yang di alami RA Kartini untuk memperjuangkan hak perempuan dan berpikir untuk perubahan dengan bergerak secara hati-hati, sehingga perempuan penerus  saat ini dapat merasakan nafas kebebasan berekspresi,  dan berjuang untuk haknya sendiri dalam berprestasi dan membantu memberi dukungan bagi kaum yang membutuhkan dorongan dan fasilitas kehidupan,. Meski hanya sebagian kecil tetapi ini menjadi motivasi besar bagi sebagian perempuan yang lain untuk lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Saat ini perempuan dituntut atau setidaknya mampu  berjuang untuk turut serta menjadi bagian dari jamannya dan menjadi bagian dari hasil perkembangan dan kemajuan, menjadi suatu anugerah untuk perubahan saat ini bila kaum perempuan dapat memanfaatkan fasilitas yang ada beserta kemudahannya, sehingga banyak sekali terdengar dan terlihat nyata perempuan menyumbangkan pikiran dan kemampuannya untuk kemajuan pribadi, lingkungan sekitar dan adapula dengan keahlian ilmu dan kemampuannya dia bersaing setara untuk menjadi seorang pemimpin masyarakat maupun negara.

            Dengan era digital, tidak lagi adanya perbedaan gender karena presepsi orang dan pengguna teknologi adalah untuk kemajuan dan mengikuti zaman, bukan lagi membedakan jenis kelamin. Kesetaraan telah kita miliki, banyak sekali bukti konkrit yang saya temui, diantaranya: kami bagian dari perempuan yang sangat merasakan kemudahan teknologi dan komunikasi saat ini, dengan berteman menggunakan fasilitas facebook, perempuan sudah dapat komunikasi secara langsung dengan sebagian perempuan yang lain  dari berbagai lokasi dan negara bertukar pikiran, berbagi pengetahuan  serta pendidikan ilmu sampai berjualan, dan ini merupakan ladang kemudahan mencari uang secara nyata dengan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Sebagai contoh teman saya yang bernama Mbak Pipit dengan fasilitas yang ada dan kemampuan serta kemauannya bersama suami dapat menjual pakian online khas daerahnya berupa pakian batik dan kerajinan tangan lainnya dan pasarnya hingga merambah sampai ke Negara Afrika, hal ini dia lakukan bisa dirumah berbekal komputer dan usahanya. Contoh lainya Ibu Ema Soekamto, keahliannya mendesain, menjahit dan memberikan kepuasan pelanggan hingga dari perkataan Facebook yang satu dan menyambung dengan pengguna Facebook yang lain sehingga menghasilkan pasar yang nyata, juga memberikan peluang pekerjaan bagi perempuan terdekat dan yang membutuhkan pendapatan sambilan.

Menjadi bagian dari Era Digital membawa kemudahan dimana-mana, dari usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai penjual online berupa keahlian yang dimiliki, seperti berjualan makanan siap saji, cemilan sampai ke pakian ataupun kebutuhan rumah tangga, seperti yang telah diutarakan sebelumnya bahwa kemauan dan kemampuan adalah merupakan bagian utuh untuk menggerakan perempuan dan memanfaatkan fasilitas kemajuan era digital. Persahabatanpun dapat diraih sebanyak-banyaknya dengan perpikiran positif dan kemauan untuk maju dapat menjadi hasil untuk kebutuhan keseharian dari rohani maupun jasmani perempuan.

            Kebebasan perpikir dan mengembangkan kemampuan juga banyak dimanfaatkan perempuan lainnya sebagai pengguna fasilitas teknologi, perempuan pekerja/karir dapat menjadi bagian dari mengekspresikan tulisan-tulisan, membaca buku/berita secara online, serta melakukan pembelian-pembelian secara online  dan menghemat waktu dengan baik, apalagi bagi perempuan multi fungsi sebagai ibu rumah tangga dan pekerja komunikasi langsung maupun tidak langsung dengan komputer  dapat menyeimbangkan dengan kesibukannya dan menjadi panduan komunikasi dan teknologi yang seimbang.

Kemudahan komunikasi dan berinteraksi bukan hanya dengan pertemuan tetapi komunikasi dengan telepon dan computer membawa hasil nyata kepada perempuan untuk kemajuan jaman dan kebebasan berprestasi dan berekspresi.

http://xlcsr.com/kartinidigital/lomba-menulis-blog/ 
di ikutsertakan dalam lomba menulis blog XL- Indonesia Berprestasi
Levina NyT

1 komentar:

  1. amazing story i read it,madam! i rele like this story

    BalasHapus

Menghilangkan jejak kebaikan untuk komentar apapun sangat saya hargai.. salam