Laman

Total Tayangan Halaman

Senin, 31 Oktober 2011

Perbedaan Bukan Perdebatan


Oleh: Levin NY

Memasuki usia 6 tahun, Lanika menjadi anak yang lebih kritis, keingintahuannya membuat dia menjadi  putri yang serba ingin tahu. Bila sesuatu yang diharapkan dalam bentuk jawaban maupun keinginan belum tercapai, dia akan simpan baik-baik keinginannya. Dihari-hari berikutnya kembali dia mengingatkan kami akan harapan dan keinginannya untuk sebuah jawaban atau pembuktian. 

Suatu hari tepatnya ketika kami sedang berkumpul diruang keluarga, Lanika sedang mengerjakan soal-soal pelajaran Agama Islam untuk siswa kelas 1 SD, terlontarlah pertanyaan untukku:
“Mama, apa beda agama Islam sama agama Opah?”

Terkoyak aku dengan pertanyaannya yang begitu kritis. Aku terdiam sejenak, dalam diamku berpikir atas perbedaan agama terlahir dikeluargaku, Agama Islam yang dianut Mama dan Protestan yang dianut Papa, meski memang pada kenyataannya tak ada masalah berlebihan dalam kehidupan kami tetapi pertanyaan ini sering kali terlontar untuk kami, tetapi sekali lagi bukan dari putriku yang kuharapkan saat ini. Pada akhirnya aku menjelaskan dengan pendekatan usia dan sosoknya.

“Selama ini, Lanika mengenal opah, dan tante juga om dengan perbedaan agama yaitu Kristen Protestan seperti dalam penjelasan buku agama Lanika, dan kita patut menghormati serta saling menjaga kedamaian”.

“Kenapa beda, mah?”

“Karena kita hidup juga berbeda-beda, dan cara berpikirnya juga berbeda. Seperti halnya Lanika kalau mau jus maunya Alpukat sedangkan Rama maunya Mangga, karena keinginan dari masing-masing kita berbeda. Tetapi  kita patut meyakini apa yang kita pikirkan untuk percaya sama Tuhan yang kita yakini yaitu Allah”.

“iya, mah”.

Meyakini adalah memupuk pikiran positif untuk perkembangan dan keharmonisan dalam keluarga, maka saya yakini suatu hari nanti bila ada pertanyaan lainnya tentang latar belakang keluargaku, dan semoga Lanika akan memiliki pengertian positif dalam pemikirannya.

jumlah: 256 kata berserta judul.
Di ikutsertakan dalam Lomba 1001 pertanyaan si buah hati 
Lomba yang diselengarakan oleh: Mba Iir Harun

1 komentar:

  1. aku juga tengah mempersiapkan jawaban ketika kelak Fira akan bertanya "mengapa Uncle Yus (adikku) dan Opa ke gereja sementara mama dan Fira ke mesjid ?" dunia ini penuh warna warni yang menarik buat dipertanyakan anak2 :)

    BalasHapus

Menghilangkan jejak kebaikan untuk komentar apapun sangat saya hargai.. salam